Mitra Persada Teknik : Jasa Service AC Terpercaya Dan Profesional

Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi

service ac Jakarta Pusat

Kegunaan Dan Fungsi Termistor Pada AC

  Mitra Teknik AC      

  Kegunaan Dan Fungsi Termistor Pada AC

Sebelum kita bahas ke Fungsi thermistor pada AC ( air conditioning ), kita ketahui dulu kalau pada AC semuanya menggunakan thermistor ( thermis ). Thermis sendiri merupakan salah satu komponen elektronik yang banyak digunakan pada perangkat yang memerlukan perubahan suhu, sehingga thermis sendiri bisa dikatakan otomatis yang dapat mendeteksi perubahan suhu ruangan.




Apa Fungsi Thermistor AC ? untuk perubahan suhu dalam ruangan. Selain untuk mengatur suhu pada ruangan thermistor sendiri berfungsi untuk memutus arus listrik dari indoor ke outdor ( kompresor ). Jadi apabila suhu ruangan sudah mencapai temperatur yang kita inginkan/sesuai setinggan diremot maka thermistor otomatis akan bekerja memutus arus listrik ke outdor/mematikan mesin kompresornya dan sebaliknya jika suhu ruangan sudah tidak sesuai yang kita inginkan atau tidak sesuai setinggan diremot AC maka otomatis thermis akan bekerja mengirimkan arus ke unit outdoor/kompresor jadi kompresor akan bekerja mendinginkan ruangannya kembali dan begitu seterusnya.

Pada AC split sendiri kebanyakan menggunakan type themistor double ada juga yang menggunakan thermistor single. Untuk thermistor double sendiri terdiri dari thermis tembaga (thermis pipa) dan thermis evaporator (thermis angin) dan thermistor single cuma terdiri dari thermis tembaga doank.







Fungsi thermistor tembaga/thermis pipa adalah untuk mendeteksi dinginnya evaporator pada indoor,jika terjadi tidak dingin pada indoor maka otomatis thermistor tembaga akan memutus arus listrik ke outdoor/kompresor. akibatnya indoor error apa AC nyala sebentar terus mati lagi.

Fungsi thermistor evaporator/thermis angin adalah untuk mendeteksi suhu dinginnya ruangan sesuai yang kita atur pada remot control. Misalnya pada remot control kita atur di 20 derajat maka jika dingin ruangan sudah mencapai 20 derajat,otomatis thermis angin akan memutus arus listrik ke unit outdor dan sebaliknya jika suhu ruangan naik 21 derajat  otomatis thermis akan bekerja mengirim arus listrik ke unit outdoor. sehingga suhu ruangan tetap stabil di 20 derajat atau sesuai suhu yang kita inginkan.

Thermistor biasanya terlatak di sebalah kiri paling ujung evaporator. Untuk thermistor tembaga/thermis pipa ini menempel pada pipa evaporator yang paling dingin dan untuk thermistor evaporator/thermis angin menempel pada kisi kisi evaporator depan.



model thermistor AC
 sendiri berbeda beda disetiap merk AC dan harganya sendiri tergantung dari jenis dan kualitas thermistor sendiri.

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan tentang pengertian fungsi thermistor pada AC semoga tulisan saya diatas bermanfaat buat sobat semua,
logoblog

Thanks for reading Kegunaan Dan Fungsi Termistor Pada AC

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar