Bagian yang sangat rawan terhadap bocor sebagai berikut :

• Sambungan antara outdoor dan indoor pada unsur double naple, andai kurang kencang menyambungnya rawan sekali terjadi kebocoran, teknik perbaikan kencangkanlah pulang dan bila butuh diflaring ulang

• Pada sambungan pipa yang disambung memakai las, teknik perbaikan las ulang bagian itu sampai merata dan diperiksa ulang kebocorannya

• Pada pentil kran valve Pengisian freon di unsur valve, teknik pengecekan oleskan air sabun pada pucuk pentil andai terjadi gelembung maka pentil bocor, teknik perbaikan jajaki kencangkan pentil bilamana masih bocor ganti dengan pentil pada ban sepeda motorbisa beli di toko spare part motor. teknik penggantian matikan AC tutup kran valve dengan kunci L, buka tutup pentil pada pengisian AC ganti pentil dengan yang baru setelahberlalu buka pulang kran valve dan periksa ulang.

• Pada evaporator AC baik unsur out dor dan indoor, yang sangat sering bocor ialah pada unsur U band, yakni lekukan pipa yang menghubungkan pipa pipa pada evaporator.



Cara memahami dan membetulkan titik kebocoran pada U band evaporator :
Cara menggali kebocoran pada unsur evaporator sama pencariannya denganmenggali kebocoran pada ban dalam kendaraan kamu pada tukang tambal ban. Bila kamu ingin mengerjakan perbaikan ini kesatu-tama kerjakan proses pump down (memasukan freon kedalam unit outdoor atau melakukan teknik bongkar pasang AC split.

Proses pump down dilaksanakan bila freon dalam sistem masih ada, namun bila telah tidak terdapat freon dalam sistem kamu tak butuh untukmengerjakan pump down. Setelah indoor terlepas dari bracket buka tutup indoor kemudian buka sejumlah baut pada unsur komponen pcb dan lepaskan socket fan motor, socket motor swing, socket sensor led display, socket thermistor dan lepaskan kabel ground/arde yang mengarah ke bagian evaporator.

Setelah box komponen pcb kamu lepaskan buka evaporator. Evaporatorterdapat yang dibaut pada body indoor atau melulu dikunci dengan teknik menjepitnya dengan body indoor. Angkat unsur kiri terlebih dahulu lalulantas lepaskan dengan teknik perlahan-lahan dan tidak boleh lupa buka klem yang mengunci pada pipa dibagian belakang indoor unit.

Setelah evaporator terlepas tutup unsur pipa ukuran 3/8 dengan nepel 3/8 yang telah dikembangkan ujung pipanya dan pada ujung satunya kamu las mati. Pasang nepel 3/8 itu lalu dikencangkan dengan 2 buah kunci inggris. Sedangkan pada unsur pipa 1/4 nya kamu pasangkan selang manifold, guna memasukan angin daripompa vakum yang telah kamu buat dengan compressor bekas. Bila kamu tak memiliki pompa vakum yang tercipta dari compressor, kamu bisa memasukan freon kedalam evaporator tersebut. Tapiteknik ini membuang tidak sedikit freon bila timbul kebocoran lagisesudah evaporator di las.

Setelah evaporator berisi desakan oksigen ( 100 – 150 PSI ) kemudian celupkan evaporator pada bak ember besar dan simaklah bagian samping kiri dan kanan untuk menyaksikan kebocorannya. Bila sudah kamu temukan letak kebocorannya lantas angkat evaporator dari bak ember dan buang oksigen yang berada dalam evaporator. Lalu kamu bisa mengerjakan pengelasan padaunsur yang bocor dengan perangkat las yang kamu miliki, atau kamu bisa meminta pertolongan jasa tukang las karbit yang terdapat disekitar rumahkamu untuk mengerjakan pengelasannya.

Lakukan pengelasan atau penebalan pada unsur samping kiri dan kanansupaya evaporator menjadi lebih powerful dari desakan freon. Setelah selesai mengerjakan pengelasan cek kembali dengan teknik mencelupkan pada bak ember yang mengandung air dan berikan desakan oksigen dansimaklah pada unsur samping kiri dan kanan apa masih terdapat yang bocor?


Jika telah tidak terdapat kebocoran, pasang ulang evaporator pada indoor dan pasang ulang indoor unit pada barcket. Setelah nepel indoor dan kabel power guna outdoor terpasang pada pipa instalasi, kerjakan vakum dan isi freon kembali. Atau tambahkan freon bila dalam unit masih ada sisa freon.