Mitra Persada Teknik : Jasa Service AC Terpercaya Dan Profesional

Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi

service ac Jakarta Pusat

Awal Mula AC ( Air Conditioner ) Di Ciptakan

  Mitra Teknik AC      

 SEJARAH AIR CONDITIONER AC 


Awal dari AC (air Conditioner ) sudah dimulai dari jaman dulu sebelum AC modern dikembangkan. Konsep dasar di balik AC telah diterapkan di Mesir kuno, di mana bulu digantung di jendela dan dibasahi dengan air menetes. Penguapan air didinginkan udara bertiup melalui jendela, meskipun proses ini juga membuat udara lebih lembab (juga bermanfaat dalam iklim gurun yang kering).Pada jaman Romawi yaitu dengan membuat penampung air yang mengalir di dalam dinding rumah sehingga menurunkan suhu ruangan.Persia abad pertengahan, teknik yang dipakai di persia pada masa itu serupa dengan teknik Romawi kuno, mereka melibatkan penggunaaan dari tangki air dan menara angin untuk mendinginkan bangunan selama musim panas. Tetapi saat itu hanya orang tertentu saja yang bisa karena biaya membangunnya sangatlah mahal karena membutuhkan air dan juga bangunan yang tidak biasa. Hanya para raja dan orang kaya saja yang dapat membangunnya.

Pada abad ke 2 di Cina seorang penemu Ding Huan (180 M) dari Dinasti Han menemukan sebuah kipas putar untuk pendingin udara, dengan tujuh roda dengan diameter 3 m dan dioperasikan secara manual. Pada tahun 747, Kaisar Xuanzong (712-762 M) dari Dinasti Tang (618-907M) memiliki Aula Pendingin (Liang Tian) dibangun di istana kekaisaran, Dimana digambarkan oleh Tang Yulin  memiliki roda kipas yang digerakkan oleh tenaga air dan untuk pendinginnya dengan menggunakan percikan air dari aliran air mancur.
Selama masa Dinasti Song (960-1279), sumber tertulis menyebutkan bahwa kipas putar untuk pendingin udara tetap sama bahkan lebih banyak digunakan.






Pada 1758, Benjamin Franklin dan John Hadley, seorang profesor kimia di Universitas Cambridge, melakukan percobaan untuk menguji prinsip penguapan sebagai mempercepat pendinginan suatu obyek benda. Franklin dan Hadley menegaskan bahwa penguapan cairan yang sangat mudah menguap seperti alkohol dan eter dapat digunakan untuk menurunkan suhu suatu benda melewati titik beku air. Mereka melakukan percobaan mereka dengan bohlam termometer merkuri sebagai objek mereka dan digunakan untuk "mempercepat" penguapan, mereka menurunkan suhu dari bola termometer ke -14 ° C (7 ° F) sedangkan suhu ruangan 18 ° C (64°F).

Pada tahun 1823, Cagniar De La Tour (seorang berkebangsaan Prancis) melakukan penelitian tentang tingkat keadaan kritis dari gas eter. Setahun kemudian, Humphrey Davy dan asistennya M. Faraday (dari Inggris) berhasil menemukan cara mencairkan gas ammonia, mereka adalah orang yang pertama kali menemukan hal itu.
Kemudian pada tahun 1824, prinsip dasar siklus refrigerasi dikembangkan oleh N.L.S.Carnot yang mempublikasikan tentang teori termodinamikanya. Pada tahun 1844, Dr Jhon Gorrie lulusan kedokteran dan ilmu bedah di kota New York merancang dan mengembangkan mesin eksperimen pembuat es. Mesin ciptaannya didasarkan pada hukum fisika bahwa panas selalu mengalir dari gas atau cairan yang lebih panas menuju gas atau cairan yang lebih dingin.




Mesin tersebut bekerja dengan cara memadatkan gas (kompres) sehingga menjadi panas, kemudian gas tersebut dialirkan ke koil-koil untuk diturunkan tekanannya (dekompres),hasilnya, udara menjadi dingin.Untuk mengembangkan penemuannya, pada tahun 1845, Gorrie memutuskan untuk berhenti praktik sebagai dokter.
Enam tahun berikutnya, ia berhasil menerima hak paten yang merupakan hak paten pertama yang dikeluarkan untuk sebuah mesin pendingin.





Beberapa tahun kemudian, yaitu pada tahun 1897 Joseph Mc. Creaty membuat dan memantapkan instalasi alat pendingin. Pada waktu itu, instalasi tersebut diberi nama mesin pencuci udara (air washer), yaitu suatu sistem pendingin yang mempergunakan percikan air.Willis Haviland Carrier seorang Insinyur dari New York Amerika menciptakan pendingin udara skala besar listrik pertama dengan menyempurnakan penemuan dari Dr.Jhon Gorrie tetapi AC ini digunakan bukan untuk kepentingan atau kenyamanan manusia melainkan untuk keperluan percetakan dan industri lainnya. The Carrier Air Conditioning Perusahaan Amerika dibentuk untuk memenuhi meningkatnya permintaan. Seiring waktu, AC datang yang akan digunakan untuk meningkatkan kenyamanan dalam rumah dan mobil juga. Penjualan residensial diperluas secara dramatis pada tahun 1950.
logoblog

Thanks for reading Awal Mula AC ( Air Conditioner ) Di Ciptakan

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar