Mitra Persada Teknik : Jasa Service AC Terpercaya Dan Profesional

Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi

service ac Jakarta Pusat

Tips Membeli Pompa Air Agar Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

  Mitra Teknik AC      

  Tips Membeli Pompa Air Agar Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Jika kita berada di Desa, mungkin air adalah hal yang mudah didapatkan tanpa bantuan pompa air. Masih banyaknya mata air di desa, penduduk hanya perlu membeli selang air untuk membuatnya sampai ke dalam rumah.

Namun berbeda dengan perkotaan, pompa air adalah salah satu peralatan elektronik yang wajib ada di setiap rumah. Pompa air merupakan alat yang sangat dibutuhkan untuk membuat Anda dapat menampung dan memastikan ketersediaan air di dalam rumah tetap ada.

Jika Anda memutuskan untuk membeli sebuah pompa air, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Antara lain adalah dengan mempertimbangkan kebutuhan serta menentukan jenis pompa air yang tepat untuk rumah Anda.

Menurut pengalaman pribadi, karena banyak sekali jenis pompa air dari berbagai merk, memilih pompa air yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan rumah tangga memang bukan perkara mudah. Untuk itulah berikut akan dijelaskan beberapa tips penting yang bisa dipertimbangkan sebelum membeli pompa air.

1) Ukuran Kedalaman Air

Sebelum memutuskan untuk membeli pompa air, hal pertama yang perlu diperhatikan antara lain adalah memperhatikan kedalaman permukaan air. Anda dapat meminta bantuan tukang atau orang yang ahli dalam bidang ini untuk mengerjakannya.

Setelah mengetahui kedalaman air rumah, maka Anda dapat menentukan jenis pompa air yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan rumah Anda.

Misalnya saja, untuk sumur dengan kedalaman 7 meter, Anda dapat memilih pompa air khusus untuk sumur dangkal. Sedangkan jika lebih dari 7 meter, Anda dapat memilih pompa air semi jet pump dan seterusnya.

Mengetahui kedalaman air juga dapat membuat Anda lebih mudah dalam menentukan posisi yang ideal untuk penempatan pompa air. Idealnya adalah berjarak 0,5 sampai 1 meter di atas permukaan air.

2) Perhatikan Voltase Pompa Air

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum membeli pompa air adalah dengan mengetahui voltase atau kekuatan daya dari pompa air itu sendiri.

Setelah mengetahui voltase, maka Anda akan lebih bijak dalam menentukan dan menyesuaikan jenis pompa air yang tepat dengan daya listrik rumah Anda agar tidak keberatan.

Selain itu, jika memilih pompa dengan voltase yang sesuai, Anda juga tidak akan kerepotan masalah listrik yang seringkali mati karena tidak kuat.

3) Pilih Pompa Air Sesuai Dengan Kebutuhan

Kebutuhan air dalam setiap rumah tangga tentunya tidak sama sesuai dengan jumlah penghuni dan kebutuhan air sehari-hari. Untuk itulah mengapa Anda juga harus teliti sebelum membeli pompa air.

Mengenali kebutuhan harian air di rumah membuat Anda menjadi lebih bijak dalam menentukan keputusan untuk membeli jenis pompa air yang tepat.

Untuk rumah dengan kebutuhan air yang cukup besar, Anda dapat memilih pompa dengan daya hisap besar sehingga menghasilkan debit air yang besar pula.

Namun jika kebutuhan air tidak terlalu banyak, Anda dapat memilih pompa air dengan daya hisap sedang agar lebih hemat listrik.

4) Mengetahui Kualitas Pompa Air

Untuk menilai kualitas pompa air, Anda dapat melihat bahan atau komponen yang digunakan. Pada bagian Impeller. Anda dapat memilih yang berbahan stainless steel agar tidak mudah pecah dan retak.

Sementara untuk bagian lilitan motor listrik, carilah yang berbahan tembaga dan hindari yang berbahan aluminium karena lebih cepat panas dan menjadi salah satu penyebab terjadinya konslet listrik.






5) Pilih Pompa yang Bersuara Halus

Pilihlah pompa air yang bersuara halus sehingga membuat penghuni rumah lebih nyaman ketika benda ini dinyalakan. Anda dapat mencobanya terlebih dahulu saat membeli.

Pompa bersuara kasar mengidentifikasikan adanya komponen yang bermasalah sehingga Anda perlu menukarnya pada penjual.

6) Sesuaikan Dengan Budget

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikan dengan budget yang telah Anda persiapkan. Perbedaan harga untuk setiap merek lebih mengacu pada kualitas lilitan dan panjang pendeknya umur pemakaian mesin tersebut. Untuk itulah mengapa Anda harus lebih bijak dalam menentukan anggaran untuk hal ini.



logoblog

Thanks for reading Tips Membeli Pompa Air Agar Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar