Mitra Persada Teknik : Jasa Service AC Terpercaya Dan Profesional

Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi

service ac Jakarta Pusat

Penyebab AC Air Conditioner Mengeluarkan Bau Tak Sedap

  Mitra Teknik AC      

Penyebab AC Air conditioner Mengeluarkan Bau Tak Sedap





 Air conditioner atau AC alias pendingin ruangan telah menjadi perangkat elektronik rumah tangga yang makin banyak dipasang orang-orang di rumahnya, khususnya bagi masyarakat perkotaan dengan cuaca panas.

Saat memilikinya, sebuah AC dapat bekerja maksimal jika pemiliknya merawat dengan baik.

Meski begitu, berbagai masalah tetap akan dihadapi oleh setiap pemilik AC ke depannya, terlebih ketika penggunaannya sudah lama.

 


Salah satu masalah paling umum yang dihadapi orang-orang yang memiliki AC di rumahnya adalah AC yang mereka miliki menjadi berbau busuk.

Hal ini tentu sangat mengganggu dan membuat rasa nyaman dari udara dingin yang dihasilkan jadi tak berguna karena bau yang dikeluarkan.

Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu, (9/12/2020), diketahui bahwa AC yang mengeluarkan bau sebagian besar terjadi karena jamur dan pertumbuhan bakteri di saluran udara AC.

Namun, tidak menutup kemungkinan ada berbagai penyebab lain yang bisa memengaruhi AC yang kamu miliki jadi bau. Berikut ini beberapa penyebab AC bau.




1. Penumpukan jamur

Alasan pertama mengapa AC kamu menghembuskan udara berbau adalah karena penumpukan jamur dan bakteri di dalam saluran AC. Bakteri penyebab penyakit dan jamur berbahaya bagi kesehatan manusia.

Semua AC bekerja dengan mengubah udara panas menjadi udara dingin. Proses ini menyebabkan kondensasi dan pembentukan tetesan kecil air di dalam unit AC.

Tetesan air ini seharusnya mengalir keluar melalui saluran AC, tetapi terkadang kelembapan dan sisa air menyebabkan jamur dan bakteri tumbuh di dalam saluran AC.

Hal ini menyebabkan bau busuk berjamur di AC Anda yang mirip dengan bau kaus kaki lama yang kotor. AC yang bau memerlukan pembersihan dan pemeliharaan AC.




Tips profesional: kamu akan melihat akumulasi warna hitam kehijauan pada pipa dan saluran AC jika ada serangan jamur. Untuk mencegah hal ini, lakukan pembersihan saluran AC secara teratur.

2. AC sudah terlalu banyak debu

AC mengeluarkab bau yang tidak sedap bisa dikarenakan filter dan evaporator mulai sangat kotor karena sudah lama tidak dibersihkan.

Debu yang menumpuk pada bagian AC ini dapat menghalangi hembusan udara dan tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu jangan lupa untuk membersihkan AC di rumahmu khususnya bagian filter dan evaporator.



3. Hewan mati di dalam AC

 
Jika ruangan di rumahmu menjadi berbau telur busuk atau bangkai saat AC dinyalakan, kemungkinan besar ada hewan mati atau terjebak di suatu tempat di dalam AC.

Serangga, cicak, dan bahkan tikus bisa saja masuk ke dalam ruangan gelap AC dan tak bisa keluar, sehingga mereka mati dan mulai membusuk di dalam.

Jika kamu mendapatkan bau seperti ini, jangan buang waktu untuk memanggil teknisi AC langgananmu karena hewan yang mati di dalam AC dapat menyebarkan penyakit dan merusak AC itu sendiri.

 

4. Ruangan ber-AC sering dipakai merokok

Merokok di dalam ruangan yang ber-AC memang tidak pernah disarankan karena menimbulkan bau tak sedap dan membuat udara di dalam ruangan jadi tidak sehat.

Bau yang tidak sedap dari rokok mungkin saja dihisap oleh blower indoor AC yang berada di luar ruangan.

Sekalipun AC dimatikan, merokok di ruangan yang dipasang AC tetap menjadi masalah karena asap rokok yang beracun bisa menempel di berbagai benda di ruangan tersebut, dan menyebabkan ruangan berbau tidak sedap.

Sebisa mungkin jangan pernah merokok di ruangan ber-AC dan coba pilih ruangan yang tidak dipasang AC atau lebih baik di luar rumah.



5. Ruangan terlalu lembab

Yang menyebabkan AC berbau tidak sedap juga bisa karena ruangan di rumahmu terlalu lembab. Oleh sebab itu, inilah alasan kenapa kamu perlu memerhatikan ventilasi ruangan di rumahmu.

Ruangan yang dipasang AC harus memiliki jendela untuk mengatur sirkulasi udara. Saat AC tidak digunakan, udara yang berada di dalam ruangan tersebut bisa diganti dengan udara baru dari luar yang lebih segar serta lebih sehat.

6. Pengharum ruangan sudah apek

Ruangan di rumahmu menjadi bau ketika AC menyala mungkin saja disebabkan dari pengharum ruangan yang kamu letakkan sudah lama yang menjadi apek, sehingga membawa bau dari udara yang dihembuskan AC.



7. Freon AC bocor

Freon AC bocor menjadi masalah yang sering terjadi, sehingga kerap disebut sebagai penyakit AC yang paling dikeluhkan.

Freon yang bocor bisa menghasilkan bau yang tak enak di hidung dan juga mengakibatkan AC jadi lebih boros dan freonnya cepat habis. Akibatnya AC tak lagi bisa mengeluarkan udara dingin.

Untuk mengatasi masalah AC yang bau akibat freon yang bocor, cara terbaiknya adalah dengan menghubungi teknisi AC untuk mengatasi kebocoran tersebut.



Sumber
logoblog

Thanks for reading Penyebab AC Air Conditioner Mengeluarkan Bau Tak Sedap

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar