AC atau air conditioner telah menjadi kebutuhan utama banyak masyarakat di Indonesia. Tidak hanya untuk keperluan di kantor maupun fasilitas publik seperti hotel, pemasangan AC juga jamak ditemukan di rumah-rumah pribadi, terutama yang berada di kawasan yang panas. Untuk memasang AC, ongkos yang dibayarkan sebenarnya tidak mahal, berkisar ratusan ribu rupiah. Namun, Anda juga perlu menyediakan AC-nya, yang saat ini harganya berada di angka jutaan rupiah untuk model split.





Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan AC. Ini bisa dikatakan sebagai sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan suatu area (yang digunakan untuk pendinginan maupun pemanasan tergantung pada sifat udara pada waktu tertentu).

[1]Umumnya, perangkat ini menggunakan siklus refrigerator, tetapi kadang-kadang juga menggunakan penguapan, biasanya untuk kenyamanan pendingin di gedung-gedung dan kendaraan bermotor.

Jenis AC
  • AC Split; dilihat dari bentuknya, AC ini memiliki dua bagian, yaitu indoor dan outdoor, dengan kompresor terletak di bagian luar serta memiliki kipas sebagai alat untuk mengurangi panas yang terletak di pipa kondensor. Sementara, di bagian dalam, terdapat pipa evaporator dan motor listrik yang berfungsi memutar blower dan kemudian dikeluarkan di ruangan telah ditentukan sehingga udaranya menjadi dingin.
  • AC Window; perangkat ini memiliki bentuk yang berbeda dibandingkan model lainnya, yaitu antara indoor dan outdoor memiliki tempat yang sama (menyatu) sehingga tidak memerlukan pipa antara kedua ruangan tersebut. Untuk memasang AC Window ini, Anda harus melubangi tembok ruangan, dengan tembok pembatas berfungsi agar udara panas di luar ruangan tidak masuk ke bagian indoor.
  • AC Floor Standing; perangkat ini memiliki bentuk yang besar, baik pada bagian indoor-nya maupun pada bagian outdoor. Untuk pemasangan, bagian indoor diletakkan di dasar lantai ruangan yang dilengkapi dengan dudukan, dengan ruangan yang cukup lapang agar sirkulasi udara pada AC Floor Standing tersebut tidak terganggu. AC Floor Standing ini mampu mencapai temperatur terendah hingga kurang lebih 10 derajat Celcius.
  • AC Central; perangkat ini memiliki ukuran yang mirip dengan AC Floor Standing. Perbedaannya adalah sisi indoor AC Central dipasang atau diletakkan pada bagian atas dekat plafon. Selain itu, AC jenis ini juga kebanyakan dipasang dalam keadaan tergantung. AC Central sendiri memiliki dua buah blower yang digunakan untuk mengisap suhu dingin dari evaporator dan mengeluarkan ke ruangan yang telah ditentukan.

Dari sekian jenis AC di atas, AC split mungkin menjadi yang paling populer. Disebut dengan AC split bukan karena AC ini terpisah, lalu Anda harus memasang maupun merakit sendiri. Namun, AC ini memiliki komponen kompresor atau evaporator yang terpisah dengan bagian inti dari AC. Mungkin Anda berpikir jika komponen AC yang terpisah justru akan membuat sulit dipasang ataupun rumit dalam merawatnya, padahal kenyataannya tidak demikian.

Saat ini, banyak sekali masyarakat atau konsumen yang mencari AC split dibandingkan AC jenis lainnya. Pasalnya, bentuk maupun ukurannya lebih kecil sehingga pas untuk rumah yang ukurannya tidak besar atau minimalis, serta tidak menghabiskan banyak ruang di dinding apabila pemilik rumah ingin menambahkan hiasan lain.

Proses pemasangan AC split pun sangat cepat dan mudah tanpa merusak tembok sebab pemasangannya hanya memerlukan lubang kecil saja. Bahkan, untuk satu unit outdoor, dapat langsung disambungkan untuk empat unit indoor.Hal ini disebabkan pipa yang berjenis conduit dapat dibeli secara terpisah dan di pasaran telah tersedia berbagai macam pipa dengan ukuran yang berbeda, mulai dari yang panjang maupun yang pendek.


Saat ini, tidak susah mendapatkan AC split. Sebab, sudah banyak produsen yang meluncurkan AC split dengan berbagai tipe. Anda bisa membeli AC ini di toko elektronik terdekat ataupun di situs jual beli online. Harga AC split ini bervariasi, tergantung merk dan tipe. Berikut kami sajikan rekomendasi AC split yang punya harga paling murah.


Nah, setelah memiliki AC, lalu bagaimana  memasangnya? Jika Anda terampil di  elektronik, tidak ada salahnya untuk memasang perangkat tersebut secara mandiri.Namun, apabila Anda tidak punya bakat seperti itu, tidak perlu khawatir. Karena, saat ini sudah banyak perusahaan atau perorangan yang menawarkan jasa pasang AC. Berikut kisaran ongkos jasa pasang AC di rumah atau kantor.

Ongkos Pasang AC
Tipe ACOngkos Pasang
AC Split 0,5 PK – 1 PKRp350.000 per unit
AC Split 1,5 PK – 2 PKRp450.000 per unit
AC StandingRp850.000 per unit
AC CassetteRp900.000 per unit

Perlu diketahui, ongkos pasang AC di atas belum termasuk material pendukung seperti pipa refrigerant, kabel power, kabel listrik, selang pembuangan air, hingga bracket AC yang bisa dibeli terpisah dengan harga mulai Rp10 ribuan hingga Rp80 ribuan. Jika ingin berhemat, ada juga yang menawarkan jasa pemasangan AC satu paket lengkap dengan biaya berkisar Rp450 ribuan untuk AC kapasitas 0,5 PK.

Sebenarnya, selain AC, Anda juga dapat menghadirkan kesejukan di hunian dengan menggunakan kipas angin. Kipas angin dapat mengembuskan udara yang lebih dingin, bahkan ia jauh lebih ekonomis ketimbang AC.[2] Anda bisa menggunakan kipas angin model duduk, model meja, model berdiri, wall fan, ceiling fan, bladeless fan, atau mini fan.