Mitra Persada Teknik : Jasa Service AC Terpercaya Dan Profesional

Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi

service ac Jakarta Pusat

Cara memilih water heater Agar Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

  Mitra Teknik AC      

Cara memilih water heater Agar Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih water heater, misalnya sumber dayanya, konsumsi listrik, bentuk, serta kapasitasnya. Simak penjelasan lebih detail berikut ini.

Pilih water heater berdasarkan bentuknya


Umumnya, ada dua jenis water heater yang dijual di pasaran, yakni storage tank dan on-demand. Water heater jenis storage tank adalah tipe kovensional yang masih menggunakan tangki penampungan air. Ini berbeda dengan water heater jenis on-demand yang sudah tidak menggunakan tangki sama sekali. Water heater jenis on-demand sering disebut juga tankless.


Pada tipe storage tank, air yang sudah dipanaskan ditampung dalam satu tangki besar. Sementara itu, water heater model on-demand bekerja dengan langsung memanaskan air yang masuk melalui bagian input. Proses pemanasan terjadi di saluran tersebut, lalu airnya keluar melalui shower atau keran dalam kondisi sudah panas.


Jika water heater jenis storage tank memiliki ukuran kapasitas per tangki, jenis on-demand dinilai dari kapasitas aliran air per menitnya. Ini menunjukkan berapa liter air yang bisa dipanaskan dalam waktu satu menit. Namun, water heater tipe on-demand hanya mampu menyediakan air panas dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan storage tank.


Di sisi lain, tipe on-demand lebih efisien dalam penggunaan energi. Jika Anda jarang menggunakan air panas atau hanya sesekali menggunakannya, pilihlah tipe on-demand. Sementara untuk Anda yang sering menggunakan air panas, pilihlah tipe storage tank.

Ketahui jenis daya yang digunakan

Sebelum membeli, sebaiknya Anda mempelajari kelebihan dan kekurangan water heater berdasarkan sumber daya yang digunakan. Ada water heater yang menggunakan gas atau listrik, dan ada juga tipe hybrid.

Tipe gas, lebih hemat energi


wasser.co.id

Water heater yang sumber dayanya berasal dari gas merupakan tipe paling jadul di antara pilihan lainnya. Konsepnya sama seperti memasak air menggunakan kompor gas, tetapi dalam bentuk water heater. Karena menggunakan gas untuk menghangatkan air, instalasinya harus sangat memperhatikan sirkulasi udara agar tidak terjadi kebakaran. Selain itu, Anda tidak boleh meletakkan barang yang mudah terbakar di dekatnya.


Kelebihan dari penggunaan water heater tipe gas adalah lebih hemat energi dibandingkan water heater tipe elektrik. Satu hal yang perlu Anda perhatikan saat memasang water heater tipe gas adalah memastikan jenis gas yang dibutuhkan. Umumnya, water heater menggunakan gas propana atau gas natural.

Tipe elektrik, pemasangannya lebih ekonomis, tetapi biaya operasionalnya tinggi


ariston.com

Jenis water heater yang cukup modern adalah tipe elektrik. Di pasaran, water heater tipe elektrik juga memiliki variasi yang paling beragam sehingga Anda tidak akan kehabisan pilihan. Water heater elektrik juga lebih aman karena tidak ada risiko kebocoran gas yang bisa menyebabkan kebakaran. Ruang yang harus Anda siapkan juga lebih kecil karena tidak perlu memikirkan tentang saluran gas.


Water heater elektrik memang berpotensi meningkatkan biaya listrik bulanan Anda dengan signifikan. Namun, biaya pemasangan pertama water heater elektrik jauh lebih murah dibandingkan water heater tipe gas. Selain itu, water heater elektrik juga jauh lebih tahan lama dibandingkan tipe gas. Hal ini berkat komponennya yang lebih simpel dan tidak bersentuhan langsung dengan panas.


Dari segi kinerjanya, water heater elektrik juga jauh lebih efisien dan cepat dalam memanaskan air. Water heater tipe gas memerlukan ventilasi untuk mengurangi tekanan udara di dalam tangki agar tidak meledak. Sementara itu, tipe elektrik tidak memerlukan ventilasi sehingga proses pemanasan air bisa berjalan dengan cepat dan efisien.

Tipe hybrid, lebih mahal saat instalasi, tetapi hemat biaya operasional


ariston.com

Water heater tipe hybrid, atau lebih dikenal dengan heat pump, memanfaatkan panas dari udara untuk menghangatkan air. Produk tipe ini bisa dibilang paling modern di antara tipe lainnya. Kelebihannya adalah lebih hemat secara biaya bulanan dibandingkan tipe elektrik.


Biasanya, water heater jenis hybrid memiliki electric heat pump di bagian atas tangki. Electric heat pump berfungsi menangkap udara panas dari luar tangki, lalu menggunakannya untuk memanaskan air di dalam tangki. Bagian electric heat pump yang berperan dalam melakukan hal tersebut adalah kompresor dan evaporator. Water heater hybrid lebih efisien dalam hal penggunaan energi hingga 60%.


Biaya pemasangannya mungkin jauh lebih mahal dibandingkan water heater tipe lainnya. Namun, water heater yang efisien ini akan lebih menguntungkan jika dilihat dalam jangka waktu 3–4 tahun. Biaya listrik bulanan yang Anda keluarkan akan jauh lebih kecil dibandingkan water heater tipe elektrik.










Pilih yang kapasitasnya mencukupi kebutuhan Anda


Untuk water heater jenis storage tank, Anda perlu memperhatikan kapasitas penyimpanan airnya. Lebih baik jika kapasitasnya disesuaikan dengan kebutuhan keluarga Anda. Ketika Anda kehabisan air panas, water heater tipe storage tank memerlukan beberapa waktu untuk memanaskan airnya lagi. Jadi, jika kapasitasnya terlalu kecil akan sangat merepotkan. Sementara untuk water heater jenis on-demand, pastikan aliran air panas per menitnya sesuai dengan kebutuhan Anda atau keluarga.

Sesuaikan ukurannya dengan tempat yang Anda sediakan


electrolux.co.id

Water heater merupakan alat elektronik yang berukuran kecil hingga sedang. Anda perlu mempertimbangkan tempat instalasinya agar muat dengan ukuran water heater yang Anda beli. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa seberapa besar water heater yang ingin Anda beli. Pertimbangkan juga jalur instalasinya karena biasanya water heater dilengkapi kabel atau pipa untuk mengalirkan air.


logoblog

Thanks for reading Cara memilih water heater Agar Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar