Mitra Persada Teknik : Jasa Service AC Terpercaya Dan Profesional

Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi

service ac Jakarta Pusat

Manfaat Service Besar Atau Overhaul

  Mitra Teknik AC      

  Manfaat Service Besar Atau Overhaul

Sebagai pengguna mesin pengkondisi udara ( air conditioner ) tentu Anda pernah mendengar istilah service besar atau overhaul. Nah, sudah tahukah Anda apa arti dan manfaat dari tindakan service besar atau overhaul pada AC Split tersebut ?.

Ketika AC Anda mengalami berbagai macam masalah, namun tak kunjung selesai padahal sudah dilakukan berbagai tindakan, biasanya Teknisi akan menawarkan untuk dilakukannya service besar ( overhaul ).

Jenis kerusakan biasanya bermacam-macam, namun yang paling sering yakni masalah AC bocor, kipas fan berputar pelan, dan juga AC tetap kurang dingin padahal semuanya di cek dalam kondisi normal.




Overhaul sendiri secara singkat bisa diartikan, sebuah tindakan membongkar perangkat atau mesin, kemudian komponen yang sudah dibongkar dibersihkan semua satu per satu. Mulai dari komponen terkecil hingga komponen utama.

Dalam hal ini, maka unit indoor AC di bongkar atau diturunin, kemudian semua komponen mulai dari evaporator hingga kipas fan di cuci hingga benar-benar bersih. Dalam prosesnya bisa menggunakan sabun deterjen agar hasilnya bisa maksimal. Namun, kami sarankan untuk menggunakan cairan kimia, yang bisa membuat komponen jadi kropos.

Hal ini bertujuan agar performa unit pendingin kembali seperti baru, atau setidaknya untuk mengoptimalkan fungsi kerjanya lebih baik lagi daripada sebelumnya.

Ciri-ciri unit AC perlu dilakukan service besar ( overhaul )

Seperti yang saya katakan di atas, umumnya unit AC perlu tindakan service besar saat mengalami berbagai masalah, namun tidak kunjung selesai padalah semua upaya perbaikan telah dilakukan. Akan tetapi, biasanya ini ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut.

  • Unit indoor bocor air yang cukup parah dan tak kunjung selesai
  • AC mengeluarkan suara berisik hingga mengganggu pengguna
  • Kipas fan berputar pelan, padahal dinamo motor dan kapasitor fan di cek normal
  • AC kurang dingin, padahal semua cek dalam kondisi normal baik ampere dan tekanan refrigerant ( freon )
  • Bagian talang belakang unit indoor sangat kotor, yang tidak bisa dibersihkan hanya dengan service biasa

Nah, jika AC Anda mengalami masalah dengan ciri-ciri yang saya sebutkan di atas, ada kemungkinan AC Anda membutuhkan tindakan yang serius, yakni perlu service besar atau overhaul.


Setelah mengetahui ciri-cirinya, lalu apa sih manfaat dari service besar tersebut ? Atau, bahayakah jika ini tidak dilakukan ?

Manfaat service besar pada AC Split

Manfaatnya cukup banyak, namun yang utama yakni dapat mengembalikan performa AC seperti baru, dan juga mencegah kebocoran air di unit indoor akibat talang air yang kotor. dan berikut beberapa diantaranya.

  • Mengembalikan performa AC seperti baru. Tindakan service besar dapat mengoptimalkan AC seperti baru lagi. Tentu ini dengan catatan jika semua komponen masih dalam kondisi normal, namun AC tetap masih kurang dingin.
  • Menyelesaikan masalah bocor air pada unit indoor AC. Penyebab utama AC netes air biasanya karena unit indoor kotor dan saluran pembuangan mampet. Dengan dilakukannya tindakan ini, maka AC akan kembali normal dan tidak akan bocor air lagi.
  • Menstabilkan tekanan freon dan ampere. Salah satu penyebab tekanan freon atau ampere tidak stabil, yakni karena kondisi unit outdoor sangat kotor. Dengan cara ini tentu kondensor kembali bersih, yang tentunya juga berdampak baik untuk tekanan freon maupun ampere.
  • Hembusan angin menjadi lebih kencang. Dengan dilakukannya service besar, tentu hembusan angin menjadi lebih stabil dan lebih segar. Karena, baling-baling kipas bisa benar-benar bersih tanpa ada kotoran yang menempel dan mengganggu saat kipas fan berputar.
  • AC kembali dingin. Dari testimoni pengguna setelah AC-nya dilakukan tindakan service besar, mereka mengatakan AC miliknya menjadi lebih dingin dari pada beberapa hari sebelumnya. Hal ini membuktikan bahwa tindakan ini dapat membuat AC bisa lebih dingin dari sebelumnya.

Selain yang saya sebutkan di atas, manfaat lainnya yaitu AC menjadi tidak berisik, dan juga membuat pengguna semakin nyaman menggunakan AC tersebut. Selebihnya, juga untuk mencegah kerusakan yang lebih parah lagi pada unit AC.

Apakah setiap AC perlu service besar, dan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya ?

Iya betul, setiap AC perlu dilakukan tindakan service besar atau overhaul, jika AC tersebut mengalami masalah dengan ciri-ciri yang saya sebutkan di atas. Namun, umumnya ini terjadi pada AC yang sudah dipakai dalam kurun waktu dua atau 3 tahun ke atas.

..dan hal ini bisa dilakukan untuk semua jenis AC, baik AC rumahan maupun AC komersil seperti yang ada di perkantoran atau mall.

Waktu yang tepat untuk melakukan service besar yakni setiap dua atau tiga tahun sekali, Anda pun juga bisa membuat jadwal secara rutin. Walau pun demikian, namun perawatan AC tetap harus Anda lakukan setiap dua atau 3 bulan sekali, dan membersihkan filter setiap dua minggu sekali.

Apakah tindakan ini bisa dilakukan sendiri ?

Tentu saja bisa, asalkan Anda memiliki skill di bidang mesin pendingin khususnya Air Conditioner, atau Anda seorang Praktisi Teknik Pendingin dan Tata Udara.


Nah, itulah beberapa manfaat dari tindakan service besar atau overhaul pada AC, dan juga kapan waktu yang tepat untuk melakukannya. Semoga informasi ini bisa membantu Anda, atau menjawab rasa penasaran Anda perihal tindakan service besar pada AC.


logoblog

Thanks for reading Manfaat Service Besar Atau Overhaul

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar